//
you're reading...

Berita BPDAS

Study Banding & Pelatihan Pengelolaan Mangrove Lestari

studydewata1Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan hutan mangrove, BPDAS Citarum-Ciliwung telah melaksanakan study banding dan pelatihan pengelolaan mangrove lestari ke Balai Pengelolaan Hutan Mangrove (BPHM) Wilayah I di Denpasar-Bali.
Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 17 s/d 19 Februari 2009 dengan diikuti oleh 19 orang peserta terdiri dari Kepala Balai, Kasi Program, Kasi Evaluasi dan 16 Orang staf perwakilan dari masing2 seksi dan sub bagian TU. Dalam waktu yang relatif singkat tersebut, peserta memperoleh gambaran tentang sistem pengelolaan hutan mangrove lestari, teori dan praktek pengenalan jenis, ekologi dan teknik rehabilitasi mangrove yang disampaikan oleh pengajar yang merupakan tenaga-tenaga teknis BPHM yang telah lama berpengalaman dalam pengelolaan hutan mangrove.
Memang terdapat perbedaan karakter dalam pengelolaan mangrove antara di Jawa dan di Bali, yang sangat menentukan berhasil tidaknya pengelolaan dan pengembangan mangrove itu sendiri. Sebagaimana dijelaskan oleh pihak BPHM Wilayah I, keberhasilan pengelolaan hutan mangrove di sana dikarenakan beberapa hal; tingkat kesadaran masyarakatnya yang lumayan tinggi, status penguasaan lahan yang jelas sebagai lahan negara, keterpaduan dan keseriusan kinerja antara instansi daerah dan pusat dalam penanganannya serta kondisi alami yang sangat mendukung pengembangan hutan mangrove.
Setelah selesainya kegiatan ini, diharapkan apa yang telah disampaikan oleh pihak BPHM Wilayah I bisa diadopsi dan diterapkan dalam kegiatan pengelolaan dan pengembangan hutan mangrove di wilayah kerja BPDAS Citarum-Ciliwung, yang berdasarkan Hasil Inventarisasi dan Identifikasi Mangrove memiliki potensi mangrove yang sangat besar.
Akhirnya kegiatan pun selesai, peserta yang langsung dipimpin oleh Kepala BPDAS Ir. Erni Mayana, MM meninggalkan Pulau Dewata dengan asa yang tinggi, ingin menerapkan apa yang telah diperoleh selama 3 hari di Pulau Dewata untuk keberhasilan pengelolaan dan pengembangan hutan mangrove di wilayah kerja BPDAS Citarum-Ciliwung.

coach

materi

praktek

tracking

Dokumentasi Selengkapnya